Kumpulan Artikel Tentang Linux Fedora

SEKILAS TENTANG LINUX FEDORA

Sejarah Linux Fedora:

Linux Fedora adalah sebuah distro Linux berbasis RPM yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds.

Distribusi

Fedora Project mendistribusikan Fedora dengan cara yang berbeda-beda:

Fedora DVD/CD set – DVD atau CD yang memiliki semua paket yang diberikan oleh Fedora;
Live CD – CD atau DVD yang berformat images yang dapat membuat Live CD atau booting dari Flash Disk dan pemilihan untuk menginstall di hard disk;
Minimal CD – digunakan untuk menginstall Fedora melalui HTTP. FTP, atau NFS,

Fedora Project juga mendristribusikan beberapa variant tertentu dari Fedora yang disebut Fedora Spins. Fedora Spins diciptakan dari kumpulan software spesific dan memiliki kombinasi dari software untuk kebutuhan tertentu dari pengguna. Fedora Spins dikembangkan oleh kelompok tertentu dari Fedora Project. Ini juga mungkin dibuat Live CD dengan menggunakan , UNetbootin.

Paket Ekstra untuk Linux Enterprise {PELE) adalah komunitas relawan yang mendukung Fedora project untuk membuat repository dari paket add-on yang berkualitas tinggi yang mendukung dasar Fedora Red Hat EnterPrise Linux dan spinoff pendukungnya seperti CentOS atau Scientific Linux.

Manajemen paket software secara umum ditangani oleh yum utility, Graphical interfaces, such as pirut and pup are provided, as well as puplet, which provides visual notifications in the panel when updates are available. apt-rpm adalah alternatif dari yum, dan pengguna lebih familiar dengan perintah ini saat menggunakan Debian atau distribusi berdasarkan Debian, dimana apt digunakan sebagai paket utama. Dan juga, repositori ekstra dapat ditambah pada sistem, jadi paket yang tidak ada pada Fedora dapat dipasang juga.

Fitur Keamanan

Keamanan adalah salah satu fitur penting di Fedora. Salah satu fitur yang terdapat pada Fedora adalah Securtiy-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan aksess perintah, melalui Modul keamanan Linux pada Linux kernel. Fedora adalah salah satu dari distribusi yang memimpin dengan SELinux. SELinux diperkenalkan pada Fedora Core 2. tetapi ini dinonaktifkan, karena mengubah secara radikal bagaimana sistem operasi bekerja, tetapi diaktifkan lagi pada Fedora Core 3 dan diperkenalkan dengan sedikit tepat.

DISTRO – DISTRO BERBASIS FEDORA

ASPLinux – distribusi linux berbasis Fedora dari russia
Aurora SPARC Linux – digunakan khusus untuk komputer SPARC
Berry Linux – distribusi Fedora berbahasa Jepang dan Inggris
BLAG Linux & GNU – Fedora ringkas (cukup 1 CD) dengan sistem APT Debian
Eeedora – distribusi linux berbasis fedora untuk Asus Eee PC
Ekaaty – dari Brazil
Fox Linux – buatan Italia
Linpus – buatan Taiwan
Linux XP – distro Linux komersial ditujukan untuk menggantikan Windows XP
MythDora – didasarkan atas fitur-fitur pusat multimedia MythTV
Red Hat Enterprise Linux – distro Linux untuk perusahaan dari Red Hat
Yellow Dog Linux – untuk komputer PowerPC
Vixta – dengan desktop KDE yang menyerupai tampilan Windows Vista.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: